BeritaPendidikan

Jalin Kerja Sama dengan Daihatsu, SMK Musaba Resmikan Dojo Center

BANTUL – Untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi, SMK Muhammadiyah 1 Bantul (Musaba) bekerja sama dengan PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) meresmikan Dojo Center pada Sabtu (9/3) di aula sekolah. Peresmian ini diikuti dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan 35 sekolah lain yang menjadi binaan PT. ADM.

Dojo Center sendiri bengkel pelatihan dan persiapan siswa dalam menghadapi dunia industri kelak ketika lulus. Dojo Center menjadi bagian program kerja PT. ADM dalam menyiapkan individu yang kompeten di bidang industri sekaligus meningkatkan daya serap alumni sekolah.

Dojo Center yang diresmikan di SMK Musaba ini menaungi empat unit dojo spesifik. Keempatnya adalah: Dojo Welding, Dojo Assembling, Dojo Safety, dan Dojo Behavior. Keempatnya merupakan bagian dari sembilan dojo yang digagas dalam kurikulum PT. ADM untuk dunia industri.

Harimawan, S.Pd.T., Kepala Sekolah SMK Musaba, dalam sambutannya mengapresiasi peresmian dan kerja sama yang dijalin dengan PT. ADM. Ia berharap dalam waktu dekat daya serap alumni pada pekerjaan meningkat.

Dalam laporan yang Harimawan paparkan, prosentase penerimaan siswa di SMK Musaba telah meningkat dari tahun ke tahun. Untuk menyelaraskan hal tersebut, maka daya serap alumni juga harus ditingkatkan. Pembangunan Dojo Center dan kerja sama dengan PT ADM ini, kata Harimawan, jadi salah satu langkah strategis untuk meningkatkan daya serap sekolah.

Feri Nugroho, General Affair PT. ADM, membuka sambutannya dengan ucapan terima kasin atas kerja sama yang terjalin. Feri menuturkan, bahwa kerja sama dan peresmian yang dilakukan hari ini, adalah bagian dari komitmen PT. ADM dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Kerja sama ini, lanjut Feri, adalah bagian dari program Pintar Bersama Daihatsu yang telah digagas sejak 2021. Tujuan utamanya adalah peningkatan kompetensi siswa sehingga memudahkan sekaligus meyiapkan mereka menghadapi dunia Industri.

Hal yang sama diutarakan, Dr. Drs. Kasiyarno, B.A, M.Hum, yang mewakili Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah & Pendidikan Non-Formal (Dikdasmen-PNF) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah. Kasiyarno menyambut dengan baik kerja sama yang terjalin, dan berharap melalui kerja sama mampu meningkatkan mutu pendidikan SMK Musaba. Ia juga menuturkan, bahwa kerja sama ini bagian dari misi Muhammadiyah meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Kerja sama yang dibangun SMK Musaba dengan PT ADM sudah berjalan sejak 2016. Selain pembangunan Dojo Center, ada beberapa program lain yang sudah dilaksanakan seperti: Magang Siswa, Pendatangan Guru Tamu, hingga Rekruitmen Pegawai. Pun setelah membangun dan meresmikan Dojo Center yang berisi empat unit dojo spesifik, rencananya akan dibangun lima unit dojo lagi untuk menyempurnakan Dojo Center.

Sumber : mediamu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *